Rabu, 22 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Manfaat Kurma Pra dan Pasca Melahirkan



Bagi Seorang perempuan, mengandung dan melahirkan adalah kondrat yang sangat disyukuri, banyak pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun namun belum juga dikarunia anak, ada perempuan yang diberikan anugrah oleh Allah untuk mengandung namun malah membuang dan menyia-nyiakan anaknya karena kesalahan mereka sendiri. Sungguh ironis bukan…..


Melahirkan secara normal adalah dambaan setiap perempuan, karena dengan begitu kita bisa merasakan bagaimana proses melahirkan yang sebenarnya. Proses melahirkan secara normal dilewati dengan bermacam-macam rasa, ada yang melewatinya dengan mudah namun ada yang terkadang membutuhkan waktu berhari-hari. Beberapa ayat yang Insya Allah dapat memudahkan seseorang saat melahirkan, ada baiknya kita yang berada didekatnya membaca : 

  وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنثَىٰ وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ

“Tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya.” 
QS. Fathir: 11

 

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” 
QS. Al-Isra: 82)


Disebutkan dalam Al-Qur’an bagaimana Allah memberikan petunjuk kepada Maryam yang kesulitan ketika melahirkan Isa Alaihissalam.
 

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan,  minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah : “Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.” 
Maryam:25-26


Mungkin tak banyak dari kita termasuk saya yang tahu bahwa buah kurma ternyata sangat membantu dalam hal memudahkan kita saat melahirkan. Kurma yang matang sangat kaya akan kalsium dan zat besi yang dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan, serta memiliki senyawa mirip dengan hormon oksitosin yang menyebabkan kontraksi. Zat besi dan kalsium merupakan unsur penting yang berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum bayi serta sangat penting dalam proses pembentukan air susu ibu.


Hasil penelitian bahkan mengungkapkan fakta bahwa perempuan yang makan kurma setiap hari saat kehamilannya 9 bulan memiliki risiko lebih kecil membutuhkan bantuan dari obat-obatan dalam proses persalinannya. Bahkan mereka cenderung lebih siap secara fisik dan melalui proses persalinan  tujuh jam lebih cepat ketimbang yang tidak mengasup kurma.


Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb an-Nabawi wa al-’Ilmi al-Hadits, mengatakan:

“Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistole-nya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).  Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.”


Seorang Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah, membawakan perkataan Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah bahkan Allah SWT pun memerintahkan kepada Maryam untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan).
 

Word : 487


Tidak ada komentar:

Posting Komentar