Jumat, 17 Januari 2014

#1Hari1Ayat : 5 Tipe Wanita dalam Al-Qur'an (Tipe wanita pengkhianat dan ingkar terhadap suaminya)



Dalam QS. QS. At-Tahriim :10 Allah mengumpamakan 2 wanita pada masa dahulu yang termasuk tipe wanita pengkhianat dan ingkar terhadap Suaminya. 
“Allah membuat istri Nuh dan istri Luth perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang shalih di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya) : Masuklah ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka).” 
QS. QS. At-Tahriim : 10.

Seperti yang kita tahu, bagaimana Istri Nabi Nuh dan Nabi Luth yang berkhianat disaat suaminya sedang memperjuangkan kebenaran Allah.

Bagaimana Istri Nabi Nuh yang tidak mau mengikuti kebenaran yang dibawa suaminya hingga ketika Allah mendatangkan Air Bah kepada kaumnya yang membangkang, istrinya masih tidak ingin masuk kedalam Kapal yang hendak menyelamatkan mereka, Dan Bagaimana Wa’ilah, Istri Nabi Luth yang berkhianat dengan membocorkan rahasia tentang kedatangan tamu-tamu suaminya hanya karena tergoda oleh harta yang dijanjikan oleh kaum Sodom kala itu, padahal suaminya yang sedang berdakwah kepada kaum Sodom yang memiliki perilaku buruk dan tidak moral itu telah berpesan untuk tidak mengatakan kepada siapapun tentang para tamunya yang adalah 2 orang pria berwajah tampan yang sangat disukai oleh mereka. Kedua tamu tersebut ternyata adalah malaikat yang sedang menyamar seperti yang tergambar dalam QS. Hud : 82-83 :

Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi, yang diberi tanda oleh Tuhanmu, dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang za'im.
QS. Hud : 82 - 83

Sementara itu, da’wah Nabi Luth kepada kaumnya yang berperilaku menyimpang tersebut selalu mendapat perlawanan dan kesombongan dari mereka, bahkan mereka terus melakukan perbuatan keji. Suatu ketika Nabi Luth memohon pertolongan kepada Allah, seperti dikisahkan dalam Al Quran,

 
 “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu.” QS. Al Ankabut : 30

Allah memeperkenankan doa Nabi Luth as , dan mengutus Jibril untuk membinasakan mereka.  Jibril datang ke Negeri Sodom dengan menyerupai dua orang lelaki yang tampan.
 
Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata: "Ini adalah hari yang amat sulit
QS. Huud : 77
Akhirnya, Nabi Luth pergi meninggalkan Desa Sodom pada waktu tengah malam meninggalkan istrinya, Wa’ilah bersama seluruh kaum Sodom yang ingkar dan mereka semua menerima azab yang diturunkan oleh Allah kepada mereka. Sebagaimana difirmankan Allah dalam Al Quran:
Kesimpulannya : Kita harus menjaga menjadi wanita yang setia dan selalu mendengarkan apapun yang diperintahkan oleh suami sejauh itu tetap berada dalam jalan Allah. Kita juga harus menjaga kehormatan dan rahasia suami dan menutupi apapun kekurangan yang ada dalam keluarga kita.


Word : 460

Tidak ada komentar:

Posting Komentar