Jumat, 10 Januari 2014

1Hari1Ayat : 5 Hewan dalam Al-Quran (SAPI)



Hewan terakhir yang disebut-sebut dalam Al_Quran adalah Sapi Betina yang namanya diabadikan menjadi salah satu surah  yaitu Surah Al-Baqarah.
 
Kisah ini merupakan sekian dari kisah yang terjadi pada zaman Bani Israil, namun dengan tercantumnya kisah ini dalam Al-Qur’an membuat kisah ini nyata adanya. Kisah ini tentang seorang hartawan yang tidak memiliki anak sebagai pewaris seluruh kekayaannya yang luar biasa sehingga menjadi rebutan antara sanak dan kerabatnya.

Hingga suatu hari, seorang kerabat menemukan sang hartawan yang tewas didepan sebuah rumah dan membuat gempar seluruh penduduk desa. Masing-masing bertanya-tanya tentang bagaimana sang hartawan meninggal. Berbagaimacam asumsipun muncul tentang siapa gerangan yang tega membunuhnya?

Ditengah keributan tersebut, datang seorang yang saleh dan cerdas menengahi dan berkata agar mereka meminta bantuan Musa, sang  Rasul Allah untuk mencari kebenarannya. Kemudian Nabi Musa pun memanjatkan doa kepada Allah untuk memohon petunjuk. Kisah ini dapat kita lihat dalam Surat Al-Baqarah ayat : 67-73.



2:67

Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyembelih seekor sapi betina". Mereka berkata: "Apakah kamu hendak menjadikan kami buah ejekan?" Musa menjawab: "Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi salah seorang dari orang-orang yang jahil".
 
2:68

Mereka menjawab: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia menerangkan kepada kami; sapi betina apakah itu". Musa menjawab: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang tidak tua dan tidak muda; pertengahan antara itu; maka kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu".
 
2:69

Mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menerangkan kepada kami apa warnanya". Musa menjawab: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang kuning, yang kuning tua warnanya, lagi menyenangkan orang-orang yang memandangnya".

2:70

Mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menerangkan kepada kami bagaimana hakikat sapi betina itu, karena sesungguhnya sapi itu (masih) samar bagi kami dan sesungguhnya kami insya Allah akan mendapat petunjuk (untuk memperoleh sapi itu)".
 
2:71

Musa berkata: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak pula untuk mengairi tanaman, tidak bercacat, tidak ada belangnya". Mereka berkata: "Sekarang barulah kamu menerangkan hakikat sapi betina yang sebenarnya". Kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu.
 
2:72

Dan (ingatlah), ketika kamu membunuh seorang manusia lalu kamu saling tuduh menuduh tentang itu. Dan Allah hendak menyingkapkan apa yang selama ini kamu sembunyikan.
 
2:73

Dan (ingatlah), ketika kamu membunuh seorang manusia lalu kamu saling tuduh menuduh tentang itu. Dan Allah hendak menyingkapkan apa yang selama ini kamu sembunyikan.




Word : 388

 

3 komentar:

  1. Thank you for sharing, Mak.

    Lagi jalan-jalan di blog Mak Emi.
    Good luck for Srikandi Blogger 2014 ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, thank you, mak.....:)

      Hapus