Senin, 06 Januari 2014

#1Hari1Ayat : 5 Hewan dalam Al-Quran (LEBAH)



Kali ini saya mencoba untuk berbagi tentang beberapa Hewan yang sering disebut-sebut dan diabadikan namanya dalam Al-Quran. Sungguh Allah Maha Besar dan Maha mengetahui dengan segala firman_Nya, sehingga tak ada keraguan lagi didalamnya. Allah mengistimewakan hewan-hewan dalam setiap firman_Nya tentu saja dengan maksud-maksud tertentu pula. Salah satunya adalah LEBAH.

Lebah dan madu memiliki keistemewaan yang sangat luar biasa sehingga Allah mengabadikannya dalam Al-quran dalam surah tersendiri yaitu An-Nahl. Dan Allah menciptakan sesuatu tentu saja dengan berbagai macam kegunaannya.



Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia.
QS. An-Nahl : 68




Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.
QS. An-Nahl : 69



Lebah menghasilkan madu yang berasal dari sari bunga yang dihisapnya dengan berbagai macam warna sesuai dengan makanannya, ada yang berwarna merah, kuning dan putih dan khasiatnya sungguh sangat menakjubkan.
  

Khasiat madu itu sendiri telah dirasakan oleh Ibnu Sina, seorang Ilmuwan muslim terkemuka dizaman keemasan Islam pada tahun 890 – 1037 H dimana beliau banyak mengkonsumsi madu sehingga awet muda dan berumur panjang. Bahkan penelitian beliau dari segi medis dan kedokteran pun menyebutkan bahwa madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit baik yang ringan hingga yang berat.

Dalam dunia Islam sendiri, penggunaan madu sebagai obat sudah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad  SAW, kala itu madu digunakan untuk mengobati penyakit diare. Lem lebah yang berasal dari madu juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. selain itu madu juga dapat menghilangkan demam, menurunkan suhu badan, tekanan darah tinggi dan jantung serta menghilangkan hawa dingin, karena sifat madu yang menghangatkan.

Didunia kecantikan, madu juga dikenal sangat banyak khasiatnya, mulai dari manfaatnya untuk menghaluskan kulit hingga obat awet muda, banyak alat-alat kosmetik seperti lulur dan masker yang menggunakan bahan dari madu.

Kemukjizatan madu yang tercantum Alquran telah terbukti secara ilmiah dan sudah dibuktikan pula secara ilmiah oleh para pakar kedokteran pula. Inilah salah satu bukti kebenaran ayat Alquran yang harus diyakni umat manusia. Lalu masihkah kita akan mengingkarinya?

BERSAMBUNG……



 


Word : 364


Tidak ada komentar:

Posting Komentar