Jumat, 03 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Manfaat Air Hujan Bagi Seluruh Isi Alam


Dan Allah menurunkan hujan dari langit, lalu Dia menghidupkan dengan air hujan itu akan bumi sesudah matinya; sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat satu tanda (yang membuktikan kebijaksanaan Allah) bagi kaum yang mendengar (peringatan ini dan memahaminya).
QS. An-Nahl : 65 


Saya berada diantara orang-orang yang menyukai hujan, selain karena manfaat melimpah yang Allah turunkan juga karena hujan sangat bermakna dalam kehidupan saya. Banyak kenangan indah tentang masalalu yang tercipta dibingkai oleh kesucian hujan ini. Hujan memang selalu menarik sebagai media untuk menggambarkan suasana hati.

Allah menurunkan hujan ke bumi tentu saja dengan berbagai maksud tanpa kita sadari, hanya kita terkadang sering tak pernah mensyukuri kedatangannya. Ketika kekuasaan_Nya datang tak seorangpun mampu menahannya, tak seorangpun mampu melawan kebesaran_Nya bahkan seorang pawang hujan sekalipun.

tahukah kalian, proses terbentuknya hujan pun penuh dengan kedramatisan yang Allah buat dimana tak seorang manusiapun mampu melakukannya. Allah menurunkan Air hujan yang suci, tawar dan tidak berbau, yang sangat murni dan bersih meskipun dalam proses penguapannya 97% berasal dari penguapan air laut yang asin dan berlumpur namun dengan kekuasaan Allah, kita dapat menikmati air hujan tanpa rasa kuatir sedikitpun.


Meski tak sedikit makhluk yang bergembira ketika hujan mengguyur bumi, namun masih banyak juga yang terkadang mencaci maki ketika anugrah ini turun, karena merasa hujan turun disaat yang tidak tepat dan seakan tidak berpihak pada sesuatu yang telah direncanakan bahkan seakan menghambat apa yang telah direncanakan. Namun terkadang kita lupa jika dibelahan daerah lain, ada orang-orang yang sangat berharap dan sedang menantikan rahmat yang akan diturunkan oleh hujan. 

Allah menurunkan hujan sebagai sumber kehidupan bagi seluruh makhluk di bumi ini, dimana air sangat penting peranannya bagi seluruh makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang sangat bergantung pada ketersediaan air. 

Hujan mengalirkan air keseluruh sungai, danau dan laut yang didalamnya hidup sekumpulan biota laut seperti ikan, udang, rumput laut dan seluruh hewan laut lainnya. Juga sebagai sumber air bagi hewan-hewan yang ada dimuka bumi ini hingga mereka mampu menyediakan protein hewani bagi kita dalam bentuk air susu, daging, telur, madu dan lain sebagainya. Pun sebagai sumber mata air bagi umat manusia dalam menjalankan kehidupan mereka seperti mencuci, mandi dan lain sebagainya.

Hujan juga mampu menyuburkan tanah atas negeri yang sedang dilanda kegersangan, mampu menjadi penyubur/pupuk bagi kelangsungan tanaman para petani juga mampu memberikan nafas bagi tumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang sedang membutuhkan asupan air demi keberlangsungan kehijauannya, kesuburan, atau kehidupannya. Hujanpun mampu mendinginkan suasana dan cuaca yang panas sekalipun.

Manusia, hewan dan tumbuhan memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam mata rantai kehidupan dibumi dan Allah menurunkan segala kekuasaan_Nya tentu dengan niat yang baik pula, bukti kasih sayang dan perhatian yang ingin Ia tunjukkan kepada umat_Nya.

Lalu dari ribuan manfaat yang Allah turunkan melalui hujan, masihkan kita tidak bersyukur atas segala nikmat_Nya? masihkah kita menyangkal segala bukti betapa Allah sangat cerdas dalam mengurus makhluk_Nya yang tersebar dibumi, bahkan yang ada didalam tanah dan lautan? hanya diri kita sendiri yang mampu menilainya….. 



Word : 482

6 komentar:

  1. hujan sebetulnya membawa berkah. Kalaupun yerjadi banjir dan macet karena hujan, itu karena ulah manusia, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak....,, cuma kadang kita sering lupa dan mengabaikan kenyataan itu,, semoga gak ada lagi tangan-tangan jahil yang menggundulkan hutan kita...:)

      Hapus
  2. selain berbagai berkah yang tersimpan padanya...saya pribadi sangat menyukai hujan poyan (istilah di daerah saya) yaitu hujan rintik-rintik namun tidak mendung, hujan tersbut turun ditengah cerahnya hari yang lengkap dengan matahari yang bersinar...dan pelangi pun lebih mudah muncul ssaat itu
    bagi saya itu memberikan nuansa yang gimannaaa gitu, benar2 sangat indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa...saya juga suka pelangi, menakjubkan.....:) hujan memang memberikan nuansa Tersendiri ya.....:)

      Hapus
  3. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaatnya didalam artikel ini.

    BalasHapus