Senin, 27 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Al-Qr'an Bercerita Tentang Siang dan Malam



Tidak terasa sudah mencapai hari ke-27 untuk tantangan #1Hari1Ayat yang sedang saya ikuti, itu artinya tinggal beberapa hari lagi tantangan ini akan berakhir. Banyak hal yang sudah saya dapatkan dari mengikuti tantangan ini, selama ini saya selalu membaca Al-Qur’an yang berbahasa arab namun jarang sekali saya membaca tafsirnya. Namun setelah mengikuti tantangan ini, saya jadi semakin yakin dengan kekuasaan Allah atas seluruh alam ini. Cerita tentang bagaimana Dia menciptakan manusia, bagaimana Dia menciptakan hujan, langit, angin dan laut, bahkan ilmu pengetahuanpun mengakui kebenaran dari isi Al-qur’an. Subhanallah.

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana Allah menciptakan siang dan malam, rasanya tidak ada yang lebih lengkap selain Al-Qur’an yang mampu menggambarkannya. Ceritanya bisa kita lihat dalam beberapa ayat Al-qur’an dibawah ini :
 
 
Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.
QS. Al-Qashash : 73.


 

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. 
QS. Al-Baqarah : 164
 
 
 Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
QS. Ali Imran : 190.

 
 Dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya; dan pada perkisaran angin terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal.
QS. Al-Jatsiyah : 5

 
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang- bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.
QS. Al-a'raf : 54


  "Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya."
QS. Yasin : 40 

Word : 374




6 komentar:

  1. Alloh menciptakan siang dan malam supaya manusia bisa bersyukur dan berfikir...

    (semangat, semoga tantangannya sukses Mbak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah, Allah menciptakan segala sesuatu didunia ini berbagai maksud yang baik ya, mbak..... hanya terkadang kita melupakannya.

      Alhamdulillah, tantangan ini banyak mengajarkan saya hal-hal baru, makasih ya, mbak khusna....:)

      Hapus
  2. Sebagian besar dari kita kurang menyadari bahwa dalam pergantian siang dan malam terdapat tanda-tanda kekuasaan-Nya. Mungkin (artinya saya tidak dapat memastikan), hal itu dikarenakan letak Indonesia yang berada di pertengahan bumi (bentang khatulistiwa) sehingga pergantian siang-malam relatif normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas lutfi..., ternyata didalam Al-Qur'an telah dijelaskan dengan gamblang tentang bagaimana Allah menciptakan siang dan malam, Bahkan ilmu pengetahuan yang meneliti setelah ribuan tahun pun tidak bisa membantahnya.

      Sebenarnya saya juga ingin menulis tentang bagaimana prosesnya, namun karena setiap postingan di batasi 500 kata, mungkin lain waktu, Insya Allah saya bisa share....:)

      Hapus
    2. Wah.. Menarik sekali tuh. Proses pergantian siang dan malam. Sekalian nanti dilampirkan video simulasinya (di Youtube ada). Saya juga ingin nulis tentang anomali waktu salat di daerah ekstrim/lingkar kutub, tapi belum nemu rujukan. Mau bantu?

      Hapus