Selasa, 21 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Proses Pembentukan Manusia (Pembungkusan Tulang dengan Daging)



Setelah kita mengetahui awal pembentukan manusia mulai dari setetes mani hingga menjadi segumpal  darah dirahim, Pada fase selanjutnya Adalah pembentukan tulang dan pembungkusan tulang oleh daging dalam rahim dimana mula-mula terbentuknya otot yang membungkus tulang-tulang. Fase ini dimulai dari minggu ke delapan dan seterusnya hingga 9 bulan fase melahirkan. Diminggu kedelapan, pembentukan organ pembiakan, kelenjar hati, buah pinggang dan lain-lainnya telah terbentuk lebih sempurna. Hingga pada bulan ketiga, kaki, tangan, mulut, dan telinga pun telah semakin sempurna dan lengkap dengan wujud sebuah janin. Seperti yang tercantum dalam QS. Al-Mukminin : 14.
 

Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.
QS. Al-Mukminin : 14

Fase Janin menjadi Bayi terjadi pada bulan ke delapan hingga masa kelahiran, dimana ditandai dengan mulai terlihatnya wajah bayi menyerupai manusia dengan sempurna, wajah, kedua tangan dan kaki. Selanjutnya fase peniupan roh kedalam janin. Ketika berada didalam rahim dan dalam proses perkembangan, mereka sebenarnya sudah mulai memiliki hubungan yang sangat erat dengan Allah dimana jasad dan roh telah saling bantu membantu sebagaimana yang disebutkan Allah dalam QS. Al-A’raf  ayat 172.

  Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengata- kan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)" 
QS. Al-A’raf  ayat 172


Penentuan jenis kelamin ternyata ditentukan oleh sel-sel sperma bahkan disini wanita tidak berperan sama sekali dalam proses penentuan jenis kelamin. unsur utama dalam penentuan jenis kelamin disebut Kromosom dimana 2 dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Dua kromosom tersebut adalah kromosom“XY” pada pria, dan “XX” pada wanita. Hal ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. Kromosom Y membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan.


Pembentukan seorang manusia baru berawal dari penggabungan silang salah satu dari kromosom ini, Pada wanita, kromosom XX membelah menjadi 2 bagian sel kelamin pada saat ovulasi. Sedangkan pada pria menghasilkan dua sel sperma yang berbeda, satu berisi kromosom X, dan yang lainnya berisi kromosom Y. Jika satu sel telur berkromosom X dari wanita ini bergabung dengan sperma yang membawa kromosom Y, maka bayi yang akan lahir berjenis kelamin pria dan jika kromosom X wanita bertemu dengan kromosom X pria maka akan melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan.


Demikianlah Fase pembentukan manusia dari mulai awal hingga kemudian membentuk bayi yang sangat mungil, yang akan menjadi anak-anak kebanggaan kita kelak…….,, Duuh…..jadi semakin ingin punya bayi,….. hehee….



Word : 470 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar