Minggu, 16 Juni 2013

DANAU KERINCI NAN EKSOTIK


Kali ini aku ingin melanjutkan cerita tentang perjalanan liburanku kemaren yang beberapa kali tertunda oleh kesibukan buat postingan untuk ikut Giveaway sana sini  juga sama mood nulis yang kadang hilang timbul ini, hehee……,, sebelumnya aku sudah pernah posting tentang liburan ke kampung halamanku kemaren, Kerinci, Pulang setelah 8 tahun dan Kerinci, menikmati Panorama Kayu Aro nan Indah dan kali ini adalah tempat tujuan wisataku yang kedua. Mumpung liburanku masih panjang, aku berniat menghabiskan waktu dengan berkeliling kota tercinta ini sepuas-puasnya dan tujuan kali ini adalah ke Danau Kerinci.

Narsis dulu.....hehehe...
Sehari sebelumnya aku memang sudah menginap di rumah Pamanku di Kota Sungai Penuh, dimana jika dari rumah Pamanku di Daerah Kumun, untuk menuju ke Danau kerinci membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Oh ya… sebenar nya pada saat mulai masuk ke Wilayah Kabupaten Kerinci, kalian juga bisa kok mampir dulu ke Danau ini untuk melihat-lihat, karena lokasi nya berada di tepi Jalan, mirip-mirip Danau Singkarak di Propinsi Sumatera Barat. Kalo gak mau mampir, bisa juga sambil dilihat selintas pemandangan indah yang dipancarkan oleh Danau ini dari mobil.
Dengan masih diantar oleh adik sepupuku dengan menggunakan kendaraan roda dua dan menempuh setengah jam perjalanan kesana akhirnya pemandangan indah pun mulai terpampang nyata….hehee…..duh,, bingung ngegambarinnya…..aku share photo nya aja ya…..



Gimana, keren kan?? aku yang sudah berkali-kali kemari aja masih suka terkesima sama keindahan ini, apalagi yang belum pernah kemari ya……….pokoknya nyesel deh kalo ke Kerinci tapi gak kesini. 
tempat ini biasanya akan ramai jika Lebaran tiba baik itu lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha, karena tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata keluarga selain Kayu Aro dan Air Panas/Gao, selain itu biasa nya akan ramai juga ketika Perayaan Festival Danau yang diadakan setahun sekali, biasanya dilaksanakan sekitar bulan November, dimana Pengunjung bukan hanya berasal dari Masyarakat Kabupaten Kerinci saja namun juga dari Propinsi-propinsi tetangga bahkan hingga manca negara. Namun jika hari-hari biasa, gak seramai hari-hari besar  tadi, hanya ada beberapa orang saja itupun seperti nya pasangan muda-mudi yang sedang mencari tempat beristirahat atau beberapa pengunjung yang seperti nya dari luar Kerinci, jadi memang terkesan sepi. Kenapa begitu??? mungkin karena akses jalan dari Propinsi yang memang agak rusak serta  mungkin kurang nya sosialisasi dan promosi dari pihak terkait.
Masih ku ingat saat kecil dulu, setiap lebaran aku pasti diajak kesini oleh keluargaku, dulu itu yang terkenal dari Danau ini adalah siput nya yang khas banget sama Ikan Semah nya dan yang asyik nya itu kita bisa menangkap sendiri loh siput sama ikan nya kemudian dijadikan santap siang bersama keluarga. Namun sekarang kedua nya sudah menjadi barang yang sangat langka, bahkan kalo pun ada harga nya sangat mahal. 
Pasti pada bingung kan Ikan Semah itu seperti apa?? aku juga gak tau apakah di daerah lain ada atau gak dan kalo ada nama  namanya, namun yang aku tau ikan ini ada di Kerinci dan menjadi ciri khas Daerah Kerinci. Setiap yang pernah ke Kerinci pasti tahu tentang ikan ini dan bahkan jika sudah pernah merasakannya pasti bakal jadi langganan untuk menyantap nya lagi. Sayang nya, waktu pulang kemaren aku gak nemukan ikan ini, kata penjaga warung disana sedang gak musim dan kalo pun ada sangat mahal jadi mereka tidak menjual ikan itu lagi, sayang banget ya……. 

Penampakan Ikan semah
 Sebelum pulang, rasanya gak afdhol kalo gak photo-photo donk ya………..,, dari pada bingung baca tulisanku yang gak moody banget, lebih baik liat photo-photo ku waktu disana aja ya, siapa tau tertarik buat berkunjung kemari setelahnya.
Cekidot………….

Melayang, padahal takut banget kecebur, hehee...


gak usah liat orangnya, liat latarnya yang keren aja ya...:)


Boatnya dulu masih bisa kepake tapi sekarang udah rusak, biarin lah yg penting coba :))

Salah satu bentuk rumah adat Kab. Kerinci

Ini juga, dirumah adat



Ada yang Naracap tuh....hehee...




tampak full Rumah Adat Kab. Kerinci, motif nya keren ya....

2 komentar: