Kamis, 13 Maret 2014

12 Manfaat Tanaman Singkong



Singkong, Ketela Pohon atau Ubi Kayu adalah salah satu bahan makanan khas Indonesia yang mudah ditemukan dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan sebagai bahan pokok pengganti nasi maupun selingan sebagai teman minum teh atau kopi. Berbagai jenis makanan dapat kita buat dari singkong ini mulai dari makanan khas daerah seperti Gethuk, tape Singkong (Peyeum) hingga diolah menjadi makanan atau kue-kue lezat lainnya yang dibuat dari tepung tapioka/tepung ubi. Daunnya pun juga  sangat diminati sebagai sayuran seperti dibuat urap, tumis ataupun gulai.


Selain sangat berguna sebagai bahan makanan, ternyata singkong juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan loh…., mulai dari umbi, daun bahkan batangnya.
Berikut ini beberapa manfaat Tanaman Singkong :

1. Untuk diet rendah kalori
Singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti. Memiliki kandungan serat yang tinggi mampu membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.

2. Untuk melancarkan pencernaan
Singkong merupakan umbi-umbian yang banyak mengandung Insolubre Fiber atau Serat yang tidak larut dalam air. Serat ini berfungsi untuk melancarkan proses buang air besar serta mampu menyerap dan membuang toksin dalam usus.

3. Daun dan umbinya bermanfaat sebagai Anti oksidan yang mencegah penuaan dini, anti kanker, anti tumor, penambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit tulang dan anemia.


4. Mengatasi sakit kepala
Untuk sakit kepala, daun singkong ditumbuk lalu dikompres. Lakukan pengobatan setiap hari selama sakit kepala belum sembuh.
 
5. Sebagai Obat Demam
Rebus 60 gram batang pohon singkong, 30 gram jali yang sudah direndam hingga lembut dalam 800 cc air hingga tersisa 600 cc. Saring air rebusan tersebut lalu minum sebanyak 200 cc dan lakukan 2x sehari.

6. Untuk Luka bernanah
Batang singkong di tumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.

7. Obat luka karena terkena benda panas.
singkong diparut lalu diperas, airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

8. Mengatasi Diare
Rebus 7 lembar daun singkong dalam 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc 2 kali sehari. Jika anak yang terkena diare masih menyusui, maka yang meminum ramuan tersebut adalah ibunya.

9. Obat Cacingan
600 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum airnya menjelang tidur.


10. Untuk meningkatkan Stamina
Blender 100 gram daun singkong, 25 gram kencur dan lima butir angco (kurma merah, beli ditoko obat/makanan cina) yang sudah dibuang bijinya, tambahkan air dan madu secukupnya, lalu diminum.

11. Untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah
Parut singkong dan bila perlu tambahkan air, kemudian ratakan kewajah dan tunggu sampai kering setelah sebelumnya wajah dibersihkan dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan khasiat masker singkongnya mudah meresap. Bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali, lakukan 2-3 kali seminggu. Bisa juga dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun agar kulit menjadi lembab.

12. Obat Rematik
5 Lembar daun singkong, 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya. Haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk atau diblender, tambahkan sedikit air lalu oleskan kebagian tubuh yang terkena rematik tersebut.


Banyak sekali manfaatnya bukan? oleh karena itu mari kita berdayakan pekarangan rumah untuk kembali menanam berbagai macam TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang sudah mulai terlupakan karena tanaman-tanaman tersebut nantinya bisa menjadi obat sebagai pertolongan pertama.



12 komentar:

  1. Sudah empat tahun lebih aku enggak makan makanan yang terbuat dari singkong atau daunnya. Hmm,,, Itu makanan yg berbentuk bulat sepertinya enak sekali. Di daerahku namanya "klenyem".

    BalasHapus
    Balasan
    1. disana gak ada ya? :)

      itu penganan dari ubi yg diisi gula merah, enaakk banget emang......:)

      Hapus
  2. Interupsi!!!

    Gmbarnya gak cocok, mbak... masak menu kesukaan saya di bawah postingan ttg obat cacing???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaaa....., tadinya cuma biar gambar nya menunjang makanan dari singkong aja,

      siiiapppp.diralat.....:) hahhaa....maafffffkan........

      Hapus
    2. nahhh, sekarang kan jd seneng ngeliatnya...

      *jd inget waktu kecil di kampung....

      Hapus
  3. singkong itu camilan sehat murah meriah, tinggal direbus, dimakan, kenyangnya awet.

    BalasHapus
  4. saya sdh hobi makan singkong sedari kecil, termasuk daunnya dibikin sayaur.
    sekarang pun saya tetap suka dengan singkong lho..#konsisten sehat versi hemat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak.... kita juga memberdayakan sekitar rumah buat nanam singkong, alhamdulillah bisa buat sayur gratis, hehee....

      Hapus
  5. Baru tahu kalau bisa mengobati cacingan juga,,,,
    Makasih atas sharingnya sist

    BalasHapus