Kamis, 19 September 2013

MAKNA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH




“SELAMAT YA ATAS PERNIKAHANNYA…, 
SEMOGA MENJADI KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH"


Tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan kata-kata tersebut bukan?? Sangat sering kita dengar, kita baca bahkan kita ucapkan saat memberikan ucapan selamat kepada teman, tetangga, saudara ataupun kenalan yang sedang melangsungkan Pesta pernikahannya. Begitupula saya yang selalu menjadikan kata-kata favorite setiap ingin menuliskan ucapan di Kado/hadiah pernikahan. 

Karena seringnya mendengar dan membaca kata-kata tersebut, saya hampir tidak pernah peduli dan tak pernah kepikiran untuk mencari tahu makna dari kata SAKINAH, MAWADDAH WAROHMAH itu sendiri, yang saya yakini tentu saja itu adalah doa yang baik bagi pasangan yang hendak memulai hidup baru. 

Namun entah kenapa, semakin lama rasanya kok semakin aneh, setiap orang memberikan ucapan selamat baik itu lewat media sosial Facebook, twitter dan lainnya mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa berlomba-lomba menuliskan ucapan dengan embel-embel SAKINAH MAWADDAH WAROHMAH tanpa tahu makna yang sesungguhnya. Hinga akhirnya saya tergerak ingin mengetahui arti yang sebenarnya setelah di pesta pernikahan sepupu seminggu yang lalu, salah seorang tamu undangan memberikan Nasehat Pernikahan yang sangat menyentuh diawali dengan ucapan “Semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah. Selain itu ada baiknya pula kita jangan hanya mengucapkan kata “Selamat” saja namun sangat disunahkan untuk mendoakan dengan mengucapkan "Baarakallaahu laka wa baaraka 'alaika wa jama'a bainakumaa fi khayr." artinya : “Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.”

Akhirnya dengan rasa penasaran yang menjadi-jadi saya mencoba googling kemana-mana, dan ternyata saya menemukan kata-kata yang maknanya sangat-sangat indah dan benar-benar membuat jantung saya berdetak, hingga merindukan kata-kata itu ditujukan untuk saya secepatnya….. J. Kata-kata tersebut ternyata sangat familiar dan biasa tertulis di setiap kartu undangan yang sering kita terima, diambil dari QS Ar-Rum ayat 30:21 :
 

Kata Sakinah sendiri diambil dari kata litaskunu ilaiha dalam Al-Qur’an surat Ar-Ruum, 30:21, yang artinya bahwa Allah SWT telah menciptakan perjodohan bagi manusia agar yang satu merasa tenteram terhadap yang lain. Jadi Sakinah dapat diartikan secara sederhana dengan aman, tentram, tenang, terhormat, saling melindungi dan penuh kasih sayang.
Dan keluarga sakinah itu adalah keluarga yang semua anggota keluarganya merasakan cinta kasih, keamanan, ketentraman, perlindungan, bahagia, keberkahan, terhormat, dihargai, dipercaya dan dirahmati oleh Allah SWT.
Didalam keluarga Sakinah harus disertai dengan Mawaddah dan rahmah. Dimana Mawaddah diartikan juga dengan cinta, harapan, Rahmah diartikan dengan kasih sayang, sinonimnya adalah kata Mahabbah yang artinya cinta dan kasih sayang. Dalam keluarga harus ditumbuhkan rasa cinta yang membara agar tercipta keluarga yang harmonis, lemah lembut, saling menghargai serta menumbuhkan rasa saling memiliki satu sama lainnya, rela berkorban untuk menafkahi, melindungi, melayani dan saling berbagi dalam suka dan duka. Dengan niat pernikahan karena mengharapkan ridho Allah SWT serta menjalankan sunnah Rasulullah sifat rahmah tersebut akan muncul seiring sejalan.


Jadi Sakinah mawaddah warahmah dapat diartikan dengan damai, tenang dan tentram dalam cinta dan kasih sayang. Insya Allah kita semua pasti memiliki harapan yang sama terhadap masa depan keluarga kita, baik yang telah melangsungkan pernikahan maupun yang akan dan sedang mencari. Semoga makna dari kata-kata ini semakin memberikan motivasi untuk kita semua terutama diri saya sendiri agar menjadi lebih baik dan segera mendapatkan yang lebih baik pula. Aamiin.



#Keluarga bahagia, Keluarga impian, Keluarga idaman

12 komentar:

  1. Bagus sekali mbak Emi menuliskan tentang ini. Sebab banyak orang yang mengucapkan demikian namun tidak paham apa maknanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee, makasih, mbak...termasuk saya sendiri yang sok ikutan nulis disetiap ucapan buat sang penganten,,, ternyata Al-Qur'an itu sangat indah, hanya kadang kita males membaca dengan makna nya.....,, motivasi buat saya juga, mbak...:)

      Hapus
  2. Semoga aku dapat jodoh yang sakinah-mawadah-warahman...
    amin....


    Visit ya..
    aji-apps.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin........aamiinn.......semoga Allah mendengar doa kita semua...:)

      Hapus
  3. Oh, akhirnya terjawab rasa penasaranku. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....alhamdulillah, moga manfaat ya, mas...:)

      Hapus
  4. wah...mantap ni.... saya juga sering ngucapin... sekarang jadi lebih paham...

    BalasHapus
  5. jadi semoga sakinah, mawaddah, warohmah..

    #EH, boleh ya ngucapin skrg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....., hihihiihii..... boleh aje moga doanya bikin jodoh aku nya makin deket,, aamiin...hehee

      Hapus
  6. Wah, hebat nih. Mencari referensi kemudian menuliskannya lagi agar lebih memahami. Good work

    BalasHapus