Jumat, 12 April 2013

KERINCI, MENIKMATI PANORAMA KAYU ARO NAN INDAH



Mengabadikan moment penting disetiap perjalanan yang kita lalui adalah hal yang sangat menyenangkan, tak terkecuali aku yang pastinya tidak akan melewatkan berphoto ria di tempat-tempat yang aku datangi. Menyenangkan rasanya ketika pulang dan melihat hasil yang didapat. Kali ini aku akan share photo-photo ketika liburan ke kota Kelahiranku, Kerinci. (sebelumnya baca ini ya… KERINCI, PULANG SETELAH 8 TAHUN )
Setelah beristirahat selama tiga hari di rumah Oom ku di Sungai Penuh, aku melanjutkan perjalanan ke rumah Nenekku di Tanjung Genting Siulak Deras,  Kebetulan tanteku berkenan mengantarkanku kesana, rencana aku akan menginap disana selama beberapa hari sebelum akhirnya pulang kembali ke Kuala Tungkal, dan untuk sampai kesana dibutuhkan  waktu sekitar 1 jam perjalanan. Hmm…aku semakin kagum dengan pesatnya pertumbuhan Kabupaten Kerinci sekarang, sangat berbeda sekali ketika aku datang 8 tahun yang lalu. Mataku pun dimanjakan oleh hijaunya perbukitan dikiri kanan jalan yang aku lalui, sangat asri sekali.


Kedatanganku tentunya sudah dinanti-nanti oleh keluarga besarku, setelah berpeluk ria, bersimbah airmata dan cerita sana cerita sini, tibalah saatnya aku melepas lelah, di tempat nenekku hawanya lebih dingin daripada di Sungai Penuh, ini dikarenakan lokasi nya yang sangat dekat dengan Gunung Kerinci. Jika cuaca sedang tidak berkabut dari sini akan terlihat dengan jelas Gunung Kerinci yang terjulang tinggi. 

Hhuuft….. untuk melepaskan lelah aku sudah siap dengan peralatan tidur yang super duper tebal ini, kaos kaki, sarung tangan, jaket tebal plus selimut super tebal juga, namun tetap saja dingin nya masih belum bisa hilang, alhasil….aku meringkuk seperti udang….hehe….. Sepanjang malam aku tidak bisa tidur dengan nyenyak, bahkan hingga pagi pun dinginnya benar-benar membuatku galau sekali….:)) rasanya tidak ingin beranjak dari tempat tidur, namun teringat rencanaku hari ini membuatku mau tidak mau harus bersiap-siap dan Bbbrrrrrr……..seperti sedang mandi pake air es….!!!!! 

Tujuan pertamaku adalah ketempat rekreasi yang ada di KAYU ARO dengan diantar oleh oleh Adik sepupuku yang sebelumnya sudah diminta bantuan untuk mengantarkanku berkeliling kesana. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, mataku sudah disuguhi dengan indahnya hamparan kebun teh milik PTPN dikiri kanan jalan yang kami lalui, ditambah cuaca yang sedang sangat mendukung, aku juga dimanjakan dengan pemandangan Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, tak bisa kulukiskan betapa bahagianya bisa kembali melihat semua keindahan ini, terlalu banyak kenangan yang pernah tercipta disini, dulu……..aahh…sudah lah, aku sedang tak ingin mengingat masa lalu.

Kata adik sepupuku, lebih baik kami menyambangi tempat terjauh dulu agar nanti tidak kemalaman pulangnya, dan tempat terjauh itu tentu saja ke Air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Telun Berasap. Aku juga gak begitu tau asal muasal namanya mungkin karena air terjunnya menghasilkan butiran-butiran seperti asap,, mungkin ya….hehee…

Tangga yang melelahkan

Turun nya capek, naek nya lebih capek...hehee..

lagi nduut nich....

Untuk sampai ke lokasi tempat melihat air terjunnya, kami harus menuruni tangga yang pastinya untuk yang tak terbiasa akan sangat melelahkan bahkan seperti akan kehilangan nafas, begitu juga denganku, jika tidak mengingat tujuanku rasanya ingin kubatalkan untuk melanjutkan menuruni tangga demi tangga ini, undakannya yang berjumlah puluhan itu benar-benar melelahkan sekali. Namun jangan kuatir, setelah melewati tangga demi tangga suguhan dibawahnya benar-benar memanjakan mata sekali, air terjun nya……mmmhhhh…..pokoknya bakal nyesel deh kalo ke Kerinci gak nyampe sini.
liat dech Air Terjun nya...








 Oh ya, biasanya kalo hari-hari besar dilokasi ini akan penuh sesak oleh pengunjung dari berbagai daerah baik dari lingkup Kabupaten Kerinci maupun dari daerah lain namun kalo hari-hari biasa  hanya ada beberapa orang saja, jadi saat kesana tak banyak pengunjung yang kutemui dan kami pun jadi lebih leluasa menikmati Air terjun nya.




Bagi yang belum pernah tinggal didaerah pegunungan pasti akan mengeluh dengan dinginnya hawa Kayu Aro, termasuk aku yang terbiasa tinggal di daerah yang berhawa panas namun karena sudah tahu sebelumnya jaketpun gak pernah ketinggalan kubawa kemana-mana, apalagi kalo sedang hujan, hawa dinginnya bisa 2x lipat dinginnya kulkas…kebayangkan??
Puas menikmati Keindahan Air Terjun Telun Berasap, kami pun melanjutkan ketujuan selanjutnya yaitu ke Aroma Peco sambil melihat hamparan kebun teh yang tertata rapi dan terlihat sangat indah disepanjang jalan.









Selain itu, aku juga tak lupa mampir untuk melihat perkebunan Kentang dan Kol milik masyarakat Kayu Aro yang berada di tepi jalan, memang masyarakat disini mayoritas dan terkenal sebagai petani sayuran-sayuran seperti, Kentang, Kol, Cabe, dan lain sebagainya.





Karena keasyikan dengan pemandangan yang super duper indah ini, kami sampai tak menyadari jika haripun semakin sore dan kami harus pulang untuk istirahat dan melanjutkan lagi jalan-jalan nya keesokan hari nya...

To be Continued......


11 komentar:

  1. Wah sejuk sekali rasanya ya mba :-D aku sudah lama gak.ke gunung-gunung gitu, jadi mauu..


    Http://veeshiera.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejuk banget plus dingin...hehee...,, yuk ke Kerinci....

      Hapus
  2. salam kenal mbak, saya lagi cari info gunung kerinci, malah nemu blog mbak, wah nice post! terima kasih sudah berbagi tentang kerinci.

    tjuandha.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, mas!! wahh, senang rasanya bisa berbagi,, ada kok blog khusus wisata Kerinci, tar saya ubek2 dlu...:))

      Hapus
  3. wiii... ada air terjunnya, bisa jadi referensi nih kalau berwisata ke Kerinci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak.. bukan cuma Air Terjun tapi ada Air Panas, Danau Kerinci juga....nanti juga pengen saya share,, kepanjangan kalo satu post...hehee...

      Hapus
  4. Air tejunya seru banget mba Emy, boleh mandi tuh di situ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak bisa mandi disitu, mbak dhe...soal nya disitu kata orang sich angker, kalo dari atas mungkin puluhan meter baru nyampe bawah, disana cuma ada fasilitas kyk rumah-rumahan buat kita liat Air Terjun nya, dari rumah-rumahan itu aja kalo liat kebawah ngeri banget, lagian jalan kebawah nya gak ada, mbak.... itu didalam hutan banget......

      Hapus
  5. wah gak tau kalo ada curug pas bermalam di kayu aro, soalnya kemarin itu langsung ke gunung 7.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuuuuuuu........diulang lagi ajaaah........:)

      Hapus
  6. Wah keren2 y mbk foto pemandangan kayu aro nya...http://kerincilike.esy.es

    BalasHapus