Senin, 24 Februari 2014

Beberapa Hal yang Tabu Diucapkan Ketika Wawancara Kerja



Bekerja di perusahaan atau instansi idaman tentu saja impian setiap orang bukan? namun tentu saja semua orang harus melewati beberapa tahapan-tahapan yang telah diterapkan oleh perusahaan terlebih dahulu sebelum diterima bekerja disana, salah satunya adalah dengan Wawancara. Ini menjadi momen yang sangat penting bagi setiap pelamar untuk dapat diterima diperusahaan tujuan dan tentu saja harus memberikan kesan yang baik pada saat proses wawancara tersebut.

Saya akan mencoba memberikan tips agar kalian dapat diterima atau setidaknya mendapatkan kesan yang baik dari pihak perusahaan sebelum kalian diterima bekerja disana. Ada beberapa pertanyaan yang harus kalian hindari pada saat di wawancara kerja yaitu :

      1. Menanyakan tentang peraturan Cuti dan Libur.
Ketika kalian sedang dalam situasi wawancara kerja, jangan pernah menanyakan tentang peraturan cuti yang ada diperusahaan tersebut karena jika hal itu dilakukan maka pihak perusahaan akan berfikir kalian tidak bisa serius dan tidak memiliki tanggung jawab dalam bekerja. Justru yang harus kalian lakukan adalah menunjukkan kepada mereka jika kalian benar-benar siap untuk bekerja keras di perusahaan tersebut.

2. Menjelekkan Pekerjaan terdahulu
Pada saat wawancara kerja, biasanya pihak perusahaan ingin mengetahui lebih dalam terkait dengan pengalaman kalian pada saat bekerja di perusahaan terdahulu. Nah, saat memberikan jawaban untuk pertanyaan tersebut jangan pernah kalian awali dengan keluhan tentang pekerjaan yang pernah kalian lakukan dulu dan membeberkan keburukan-keburukannya di depan calon atasan meskipun mungkin kalian membenci pekerjaan tersebut, ceritakanlah hal-hal yang baik dan positif saja tentang pengalaman kerja yang pernah kalian lakukan.

3. Bertanya tentang Gaji
Hal selanjutnya adalah mengenai gaji, jangan pernah menanyakan berapa gaji yang akan kalian dapatkan jika nanti diterima bekerja disana, karena tanpa kalian tanyapun nantinya perusahaan akan memberitahukan besaran gaji yang akan kalian dapatkan, Jadi tak perlu terburu-buru menanyakan perihal gaji disaat wawancara sedang berlangsung karena hal itu dapat memberikan kesan yang buruk bagi diri kalian sendiri dimata perusahaan.

4. Menanyakan tentang Pakaian yang harus dipakai.
Seperti halnya gaji, biasanya perusahaan akan menginformasikan pakaian apa yang akan kalian pakai jika telah resmi diterima di perusahaan tersebut. Bisa saja perusahaan tersebut membebaskan karyawan untuk menggunakan pakaian apa saja selagi sopan dan pantas atau bisa juga perusahaan telah memiliki aturan sendiri dengan menyediakan seragam untuk karyawannya, namun apapun jenis seragam atau pakaian yang akan dipakai sebaiknya kalian mengikuti peraturan yang telah diterapkan oleh perusahaan tersebut.

Jadi jika kalian sangat berharap diterima di perusahaan idaman kalian, pastikan kalian tidak melakukan atau melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat membuat kalian akhirnya kehilangan kesempatan itu. So, punya pengalaman tentang wawancara yang bisa dibagikan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar