Kamis, 25 Juli 2013

Moment Disetiap Ramadhan yang Kurindukan



Ramadhan memang selalu memberikan banyak cerita yang takkan mungkin terlupakan sehingga membuat kita kembali merindukan ramadhan selanjutnya demi mengulang cerita-cerita tersebut atau bahkan berharap menjalani ramadhan dengan cerita dan kenangan terbaru pula.

Demikian pula aku, disetiap ramadhan yang kulalui selalu memberikan warna cerita tersendiri serta suasana yang berbeda,  mulai dari ramadhan yang pernah aku lalu bersama orang terkasih atau ramadhan yang hanya kulalui bersama sahabat-sahabat tercinta bahkan ramadhan yang kulalui jauh dari keluarga. Dan ramadahan kali ini adalah ramadhan kesekian yang aku lalui dalam kesendirian tanpa yang terkasih, hanya bersama sahabat-sahabat yang masih setia dan selalu ada. 

Hal yang paling aku rindukan disetiap ramadhan adalah kebersamaan sepanjang malam bersama sahabat-sahabat yang takkan pernah kutemui di 11 bulan lainnya. Setiap sabtu malam, kami akan menghabiskan malam bersama hingga menjelang sahur. Dimulai dari berbuka puasa bersama, tarawih bersama dilanjutkan dengan menonton Arak-arakan Sahur dan makan sahur bersama. Dan itu akan kami lakukan selama 4 minggu ramadhan. Tak ada yang berubah, yang sedikit berbeda hanyalah formasi yang hadir di acara rutinitas kami tersebut setelah beberapa bulan yang lalu 2 orang sahabatku menikah, otomatis anggota kami pun ikut bertambah dengan hadirnya para suami dan anak-anak mereka. 


Rutinitas mingguan yang selalu tak pernah kami tinggalkan adalah menonton Arak-arakan Sahur, dan tentu saja untuk menontonnya kami harus rela menunggu hingga tengah malam sekaligus bersiap-siap tidak tidur semalaman karena biasanya Arak-arakan ini akan dimulai pukul 00.00 WIB dini hari dan akan berakhir hingga menjelang sahur, setelah konvoi berkeliling kota sesuai rute yang telah ditentukan. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat baik tua maupun muda untuk terus menyaksikannya. 


Ramadhan kali inipun tak ingin kami lewatkan tanpa menyaksikan Arak-arakan sahur seperti biasanya setelah sebelumnya kami harus berlomba-lomba mencari tempat yang strategis untuk menonton, tepat pukul 24.00 WIB kami sudah membaur dengan seluruh masyarakat. Alhasil, Pawai Arak-arakan sahur dikota kecil ini menjadikan tengah malam yang biasanya sunyi senyap menjadi gegap gempita. 

 Ini loh Pernampakannya........:)








Seperti biasanya, Arak-arakan ini diikuti oleh berbagai instansi, organisasi, remaja mesjid, bahkan sekolah-sekolah pun tak mau kalah dengan menampilkan berbagai macam variasi mulai  dari miniatur berupa kapal, Mesjid, Bedug, Al-Qur-an raksasa sampe ondel-ondel dan badutpun ikut ditampilkan dengan tetap memadukan berbagai kreasi menjadi arakan sahur bernuansa Islami dan berwarna warni. Unik nya lagi, peralatan yang digunakan pun dari berbagai macam media, seperti galon, bambu, kayu, besi bahkan berbagai peralatan rumah tangga yang dirancang sedemikian rupa menjadi sebuah musik yang khas dan indah.

Bisa liat video nya juga nich....:) 

video

Udah ada di Youtube juga, Arak-arakan Sahur 2013 Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Dulu awalnya Arakan sahur ini hanya dilakukan oleh pemuda-pemuda untuk membangunkan masyarakat sekitar dengan cara berkeliling kampung namun seiring berjalannya waktu menjadi kebiasaan dan akhirnya atas inisiatif Pemerintah Daerah dibuat menjadi sebuah perlombaan sekaligus untuk melestarikan tradisi tersebut. Bahkan sekarang sudah menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai salah satu tujuan wisata domestik. 


Bahkan sampai diliput oleh Televisi swasta sekaliber indosiar dan Metro TV juga loh.... 



Dan itu terbukti dengan antusiasnya masyarakat dari luar kota ikut menyaksikan bahkan rela ikut begadang cuma untuk menyaksikan arak-arakan sahur tersebut. Sebagai Warga Kuala Tungkal tentu saja menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika kotanya menjadi pusat perhatian. Aaah………Rasanya semakin tak ingin ramadhan ini berlalu begitu cepat, semoga ramadhan selanjutnya Allah masih memberikan waktu untukku menyaksikan Arakan Sahur kembali, Aamiin…




18 komentar:

  1. Wah di Jakarta belum nemuin nih hal kayak gini, keren! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih,, yuukk...berkunjung ke kota ku...:)

      Hapus
  2. waaahhh.. ramai banget ya mbak disana.. jadi pengen liat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rame banget,, dijamin ketagihan dech pengen liat lagi...hehe..

      makasih ya dah mampir....:)

      Hapus
  3. Bener-benar suasana yang ramai, pantesan saja bikin kuangeen menanti ramadhan berikutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget...:)

      Acara nya setiap malam minggu dibulan ramadhan, jadi gak apa-apa begadang mpe nunggu sahur,, hehee....

      besok malem bakal rame lagi dech....:))

      makasih dah mampir, mbak...:)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya,tumpah ruang dijalan,, rame banget dech...:)

      Hapus
  5. Waduh itu arak arak sahurnya seru banget yah, ramai sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalo liat sendiri, kerasa banget nuansa nya...

      makasih ya...:)

      Hapus
  6. wah..kayaknya seru..jadi pingin liat langsung arak-arakannya..

    BalasHapus
  7. Waah seru!
    Saya jadi ingat menonton pawai menyambut ramadhan waktu tinggal di Palangkaraya. Sekolah anak saya juga ikut. Kami bahkan sampai membuntuti iring-iringan mobil pawai keliling kota ^_^
    Salam kenal dan semoga sukses untuk GA-nya ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, mak...salam kenal juga,, makasih ya...

      seru banget pasti nya ya...:)

      Hapus
  8. Moment Disetiap Ramadhan yang Kurindukan
    bener banget setiap ramadham selalu menyisakan rindu yang mendalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak....mudah2an ramadhan tahun depan masih bisa menyaksikan...aamiin...

      Hapus
  9. weh, yang ikut arak-arak sahur pasti paginya susah banget bangun atau malah jadi ngantuk pas kerja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangankan yang ikut, yg nonton aja pada kesiangan semua...hahaha..., krna itu lah acaranya dibuat setiap malam minggu, kan minggu nya yg kerja pada libur....hehee...

      Hapus