Senin, 28 Oktober 2013

BRA : Fungsi dan Mitos



Bra dengan segala macam model, bentuk dan keunikan lainnya tentu saja sudah kita kenal sejak kecil, dimana kita mengenalnya dalam bentuk singlet khusus yang biasa dipakai anak-anak perempuan yang mulai menampakkan perubahan sedikit demi sedikit.

Kenapa kita sangat memerlukan bra? bahkan menjadi barang wajib bagi para wanita? hal itu dikarenakan fungsi bra itu sendiri yang sangat dibutuhkan oleh para wanita untuk tampil lebih cantik dan menarik. 


Ternyata ada beberapa fungsi bra yang pastinya sangat perlu kita ketahui, pertama tentunya untuk melindungi keseluruhan payudara dari hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat sedang beraktifitas, bahkan pemakaian bra yang tepat sejak dini juga bisa mempengaruhi keindahan payudara hingga tua nanti. memilih ukuran bra yang cocok juga akan menunjang penampilan sehari-hari menjadi terlihat lebih menarik. 


Selain berguna untuk melindungi, bra juga berfungsi sebagai penyangga atau penopang payudara dimana seseorang yang lebih sering dan rutin menggunakan bra akan berbeda bentuknya dengan seseorang yang jarang menggunakannya sehingga dapat dapat menjaga elastisitas payudara tersebut.

Selain beberapa fungsi diatas, fungsi lainnya adalah membuat kita merasa lebih percaya diri dan terlihat lebih seksi. Sesuai dengan fungsi melindunginya, bra juga menambah kepercayaan diri kala kita menggunakan pakaian yang tipis dan transparan. Dengan model, desain dan warna yang lebih menarik membuat seseorang menjadi lebih percaya diri karena tampak seksi dan anggun dihadapan pasangannya.  

Namun, selain memiliki banyak fungsi, mitos tentang penggunaan bra juga ternyata banyak terdengar, diantaranya:

-     Menggunakan bra pada saat tidur menjadi pemicu kanker.

Ada 2 pendapat tentang hal ini dimana ada yang berpendapat tidak baik menggunakan bra ketika tidur karena bisa membuat payudara tidak bisa bernafas/istirahat dan dapat menjadi pemicu kanker sehingga untuk menghindari hal itu terjadi sebaiknya kita melepaskan bra pada saat tidur.

Namun seorang pakar kosmetik YouBeuty, Arthur Perry, MD berpendapat lain dengan mengatakan bahwa tidak ada hubungannya antara kanker dengan pemakaian payudara ketika tidur, atau membuat keriput belahan dada, malah dengan tidur tanpa menggunakan bra merupakan penyebab utama payudara kendur. Bukankah tujuan kita menggunakan Bra untuk mendukung payudara melawan gravitasi bumi? sementara kita tahu gravitasi bumi juga bekerja dimalam hari, lalu jika kita mengurangi pemakaian bra selama 8 jam perhari, apa yang akan terjadi?. Oleh karena itu ia menyarankan agar menggunakan bra sesering mungkin guna mencegah payudara menjadi kendur.

-     Bra berkawat picu kanker

Penelitian yang dilakukan Dr Gansler direktur medis untuk American Cancer Society menunjukkan pengunaan bra kawat yang diduga dapat menekan sistem getah bening dan menyebabkan kanker payudara tidaklah benar karena tidak ada bukti terpercaya yang dimuat dalam jurnal ilmiah yang menunjukkan penggunaan bra mencegah keluarnya racun dengan menghalangi aliran kelenjar getah bening. Fakta lain menunjukkan tidak adanya penurunan diagnosa kanker payudara di tahun 1960-an. Meski pada saat itu sebagian besar kaum perempuan jarang yang menggunakan bra, bukankah seharusnya pengidap kanker payudara menurun? tapi yang terjadi tidak demikian

-    Olahraga tanpa bra akan merusak payudara

Mengapa kita dianjurkan untuk mengunakan bra pada saat olahraga? bukan karena payudara kita akan rusak atau apalah istilahnya, tidak demikian. Yang terjadi sebenarnya adalah untuk mencegah terjadinya cidera, sakit punggung atau perasaan tidak nyaman, dimana mengingat posisi payudara yang menggantung ketika ia bergerak dengan tanpa penyangga tentu akan menimbulkan perasaan tidak nyaman bukan? apalagi bagi perempuan dengan payudara besar.

Dengan melihat betapa sangat pentingnya bra bagi wanita, sebaiknya kita sudah mulai harus melatih dan memberikan pencerahan kepada anak-anak perempuan kita sedini mungkin, agar fungsi bra bagi payudara dapat bekerja semaksimal mungkin, tentu saja dengan berbagai pilihan model, warna, corak  dan bentuk yang beraneka ragam pula. 



5 komentar:

  1. iya itu mitos2 yg dari kecil udah sering aku dengar mbak..
    tapi memang bra sangat bermanfaat untuk para wanita ya,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, mbak...hehhee.......Besar banget malah manfaat nya buat kita.

      Hapus
  2. mengenai bra yang berkawat atau berspon, mitosnya memang seputaran itu. saya belum tau kebenarannya, tapi bila ditilik dari tingkat kenyamanannya, jelas bra yang berkawat dan berspon sama sekali tak nyaman, apalagi bagi yang berkulit sensitif, akan timbul bercak-bercak merah.

    saya lebih memilih bra yang berbahan katun, tak banyak memakai karet, tak berspon, dan tak berkawat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mitos yg beredar emang seperti itu, namun setiap orang beda-beda tingkat kenyamanannya. ada yg senang dengan busa yg tebal dan berkawat katanya biar lebih seksi, ada pula yg senang dengan bra yg simple dan berbahan dasar katun,, apapun pilihannya, semua punya fungsi yang sama buat kita perempuan,, hehee....

      Hapus